Rabu, 29 Desember 2010


SOAL
1.    Jelaskanapayang dimaksud dengan multimedia?
2.     Sebutkan paling tidak 6 kelompok aplikasi dari multimedia? 
3.   Apa yang dimaksud dengan morphing?

 JAWAB

1. Multimedia adalah interaksi antara suara, gambar statis, animasi dan video. Ditinjau dari kata-kata pembentuknya, multimedia berarti "melibatkan berbagai media". Dengan menggunakan multimedia, informasi dapat ditempilkan secara serentak melalui berbagai media. bisa melihat informasi pada layar baiik merupakan teks ataupun gambar dan video dan pada waktu yg bersamaan anda dapat mendengarkan paparan melalui suara dan speaker.

2. 6 kelompok Aplikasi dari Multimedia

  • Presentasi bisnis : multimedia digunakan sebagai media komunikasi yang efektif untuk menyajikan atau memasarkan produk ataupun gagasan ke audien.
  • Pelatihan berbasis CBT : multimedia digunakan untuk mempermudah pembelajaran tentang pengetahuan tang menurut penyajian visual.
  • pendidikan : multimedia digunakan dalam program-program permainan untuk membentuk suasana yang lebih menarik dan interaktif.
  • Hiburan : multimedia digunakan memvisualisasikan pelajaran yang sulit diterangkan dengan cara konvensional.
  • penyajian informasi : Multimedia dapat dipakai untuk membentuk ensiklopedia atau kamus yang melibatkan teks, gambar dan suara. selain itu multimedia juga memungkinkan penerbitan elektronis baik dalam bentuk buku  maupun koran.
  • KiosInteraktif : kiosadalah tempat informasi yang biasa dijumapai pada tempat umum. pemakai dapat berinteraksi dengan layar sentuh untuk mempermudah dalam mencari informasi.

3. Morphing adalah perubahan objek gambar secara bertahap. Morphing merupakan salah satu teknik yang banyak digunakna dalam dunia entertaintment karena efetk dari morphing ini sangat menarik untuk diamati. Morphing digunakan untuk membuat gambar yang merupakan gambar perubahan setiap satuan waktu dari gambar asal ke gambar hasil.









 SOAL
1.      Jelaskan Manfaat dan tujuan di buatnya jaringan komputer
2.      Jelaskan perbedaan LAN, MAN dan WAN
3.      Apa yang dimaksud dengan Protokol
4.      Sebutkan dan jelaskan komponen fisik pada LAN
5.      Sebutkan dan jelaskan software pada LAN

JAWAB 
1. Tujuan dibangunnya suatu jaringan adalah membawa informasi secara tepat dan tanpa adanya kesalahan dari   sisi pengirim (transmitter) menuju kesisi penerima (receiver) melalui mediakomunikasi.
    Manfaatnya adalah secara umum jaringan komputer mempunyai beberapa manfaat yang lebih dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri dan dunia usaha telah mengakui bahwa akses ke teknologi modern selalu memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan pesaing yang terbatas dalam bidang teknologi. Adapun manfaat yang didapat dalam membangun jaringan komputer adalah :
  • Sharing resources : bertujuan agar seluruh program, peralatan atau peripheral lainnya dapat dimanfaatkan oleh setiap orang yg ada pada jaringan komputer tanpa terpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh dari pemaikai. jadi dengan sharing resources dapat menekan biaya pembelian peripheral atau software karena adanya peningkatan sumber daya tersebut.
  • Media komunikasi : jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna baik untuk teleconference maupun untuk mengirim pesan atau informasi yang penting lainnya. dengan menggunakan jaringan komputer, dua orang atau lebih yang jaraknya sangat jauh akan lebih mudah bekerja sama.
  • Integrasi data : pembangunan jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat. setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat didistribusikan ke tempat lainnya,. sehingga memudahkan pemakai untuk memperoleh dan mengolah informasi setiap saat.
  • Pengembangan dan pemeliharaan: dengan adanya jaringan komputer maka pengembangan peralatan dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya.
  • keamanan data : sistem jaringan komputer memberikan perlindungan terhadap data. jaminan keamanan data tersebut diberikan melalui pengaturan hak akses para pemakai dan password sertta teknik perlindungan terhadap hard disk  sehingga data mendapat perlindungan efektif.
  • Sumber daya yang lebih efisien dan informasi terbaru : dengan adanya pemakaian sumber dayabersama-sama, maka pemakai bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan kualitas yang tinggi. selain itu data atau informasi yang diakses selalu terbaru, karena setiap ada perubahan yang terjadi dapat segera langsung diketahuio oleh setiap pemakai.
2. LAN adalah suatu jaringan komputer diamna peralatan-peralatan hardware dan software digabungkanuntuk dapat sal9ing berkomunikasi dalam daerah kerja yang dekat (dalam suatu lokasi), menggunakan data yang sama dan mempunyai kecepatan yangtinggi.

   MAN adalah versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN. MAN merupakan pilihan untuk membangun jaringan komputer antar kantor dalam suatu kota. MAN dapat mencakup perusahaan yang memiliki kantor -kantor yg letaknya sangat berdekatan dan MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan bisa disambungkan dengan jaringan televisi kabel. jaringan ini memiliki jarak dengan radius 10-50km. didalam jaringan MAN hanya memiliki satu atau dua kabel yang fungsinya untuk mengartur paket melalui kabel output.

   WAN adalah sebuah jaringan yang memiliki jaringan yang luas, karena radiusnya mencakup sebuah Negara dan benua. Pada WAN komponen yang dipaai dalam berkomunikasi biasanya terdiri dari dua komponen yaitu kabel transmisi dan elemen switching. kabel transmisi berfungsi untuk memindahkan bit-bit dari satu komputer ke komputer lainnya. sedangkan elemen switching adalah sebuah komputer khusus yang digunakan untuk menghubungkan dua buah kabel transmisi atau lebih.

3. Protokol adalah sebuah aturan yang mendefiniskan beberapa fungsi yang ada dalam sebuah jaringan komputer, misalnya mengirim pesan, data, informasi dan fungsi lain yang harus dipenuhi oleh sisi penerima dan si pengirim agar komunikasi dapat berlangsung dengan benar.

4.  Komponen fisik LAN adalah Personal computer (PC),Network interface card (NIC), kabeldantopologijaringan.


5.  Software pada LAN adalah Sistem Operasi jariungan, Network adapter driver, protokol jaringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar